Cairo Book Party, Usaha Mendongkrak Minat Baca Masisir

Cairo Book Party (CBP) disambut meriah oleh Masisir. Dalam kegiatan tersebut peserta yang hadir saling berbagi tentang apa yang mereka baca. Launching CBP ini diselenggarakan di Hadiqoh Dauliyyah (23/06/2024).

Alman Haris selaku CEO CBP menuturkan bahwa CBP adalah regional baru yang terafiliasi dengan Indonesia Book Party (IBP). Sebenarnya ini berawal dari keresahan dirinnya sendiri bahwa ia bukan orang yang kutu buku, bukan juga orang yang betah berlama-lama di depan buku, namun ia suka membaca apalagi jika bersama teman-teman. Semangat dari teman-temannya terkait literasi menular. Kemudian berangkat dari hal itu akhirnya ia mengirim pesan ke IBP dan disupport untuk mengadakannya di Kairo. CBP merupakan Regional pertama IBP di luar negeri.

Lalu Azmi Azizul Muhammad, salah seorang peserta memaparkan pendapatnya mengenai CBP. Baginya kegiatan ini cukup menyenangkan. Suasananya ramai dengan teman-teman Masisir yang berusaha secara sederhana menciptakan lingkungan membaca yang asyik. Ia juga menyampaikan pengalaman membaca yang dirasakan antara Book Party yang ada di Indonesia dengan CBP adalah referensi bacaan teman-teman Masisir mencakup literatur Arab baik klasik maupun modern. Namun baginya, ada CBP ini bukan berarti sebuah bukti perkembangan literasi Masisir.

Adanya upaya pengolektifan masa untuk membaca dengan sebuah metode tertentu, juga menjadi bukti kekurangan minat baca Masisir dan kealpaan lingkungan baca yang ideal di Masisir.

Harapan ke depannya, dengan adanya CBP ini akan mendongkrak semangat Masisir dalam berliterasi tak hanya dalam lingkup CBP ini saja, tapi dari kesadaran diri sendiri, dimana pun dan kapan pun membaca menjadi sebuah kebiasaan. Karena teman terbaik sepanjang masa adalah buku.

Reporter: Muhammad Albar

Editor: Fathiah Salsabila

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *