Book Fair Sarana Membangun Semangat Membaca

Pameran Buku Internasional Mesir merupakan pameran buku yang terbesar se-Timur Tengah dan pameran terbesar kedua di dunia setelah Frankfurt, Jerman. Cairo International Book Fair (CIBF) atau juga dikenal dengan sebutan Ma’radh mulanya didirikan pada tahun 1996 dan pameran kali ini adalah pameran yang ke-55.  Pameran ini berlangsung dari tanggal 25 Januari sampai 6 Februari 2024 yang bertempat di Egypt International Exhibition Center (EIEC), Tajammu Khamis, Kairo.

Menariknya, pameran ini tidak hanya menampilkan buku-buku islami saja tapi juga menampilkan buku-buku umum. Tak jarang pula para masyayikh dan penulisnya hadir di pameran tersebut sehingga para pengunjung pun bisa berinteraksi dengan penulisnya. Ketika awal masuk di kawasan pameran, kita disuguhkan dengan penampilan budaya-budaya khas Mesir, sehingga ini juga menjadi daya tarik bagi pengunjung, terlebih masisir (Mahasiswa Indonesia di Mesir) pada umumnya.

Kesempatan seperti ini hanya kita dapatkan setahun sekali dan semestinya kita manfaatkan, karena selain menjadi tempat destinasi yang menarik, pameran ini juga menjadi wadah untuk membangun semangat baca kita sebagai mahasiswa, karena ketika berkunjung ke CIBF kita akan dihadapkan dengan tulisan-tulisan yang berisikan pengetahuan dan pemikiran yang sudah tertuang rapi dalam karya-karya penulisnya dari berbagai zaman.

Pameran ini diikuti oleh 1065 penerbit dari berbagai negara, maka bagi kita masisir juga dapat mencari buku dengan cetakan terbaik yang jarang kita dapati selain pada pameran ini. Penting untuk memperhatikan skala prioritas buku yang kita butuhkan untuk menjadi bekal dan landasan kita ketika kembali ke tanah air sebagai wakil Al-Azhar untuk menyebarkan ajaran-ajaran yang wasathiyyah.

Penulis: Putri Nilam Sari

Editor: Fathiah Salsabila