Disebut Hari Pelajar Sedunia, Lantas Mengapa Hanya Dirayakan Di India?

Sebenarnya mengapa bisa 15 Oktober disebut sebagai hari pelajar sedunia? apakah benar dirayakan oleh dunia?

Ksmrmesir.org (15/10) – Dilansir dari Detik.com, Tanggal 15 Oktober ditetapkan sebagai Hari Pelajar Sedunia sebenarnya untuk memperingati ulang tahun mantan Presiden India, Avul Pakir Jainulabdeen (A.P.J.) Abdul Kalam yang lahir pada tanggal 15 Oktober 1931.

Hari Pelajar Sedunia diperingati untuk mengakui kinerja Kalam pada sektor pendidikan di India. Semasa hidupnya, A.P.J. Abdul Kalam pernah menerima tujuh gelar doktor kehormatan dari 40 universitas, yang menunjukkan kecemerlangan di bidangnya. Setelah masa jabatannya berakhir, ia mengajar di beberapa institusi tinggi.

Dari pemaparan di atas saya tidak menafikan akan kehebatan Abdul Kalam. Namun, apa dampak yang beliau berikan kepada dunia sehingga hari lahirnya disebut sebagai hari pelajar dunia?. Kehidupan beliau memang sangat merubah kondisi rakyat di India sampai dijuluki sebagai “Presiden Rakyat” dan beliau juga sangat dicintai rakyatnya.

Saya pikir tanggal 15 Oktober lebih pantas disebut Hari Pelajar India Karna pada dasarnya yang merayakannya hanya negara India. Namun, dibalik itu memang sepatutnya para pelajar di dunia memiliki hari perayaannya untuk mengingat bahwasanya para pelajar adalah cikal bakal pemimpin generasi yang mesti menjalani masanya sebagai pembelajar yang ideal dengan sebaik mungkin.

Bagaimana menurutmu? Apakah pantas tanggal 15 disebut hari pelajar dunia?

Penulis: Syarifudin
Editor: Khadijah Buma

Sumber foto: https://images.app.goo.gl/tM3kLZHc719Skzrq5

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *