Mandi Balimau Kasai sebagai Wujud Penyambutan Bulan Suci Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinanti-nantikan oleh umat Islam. Umat Islam dari berbagai belahan dunia punya berbagai cara untuk menyambut datangnya bulan suci ini, termasuk di daerah Melayu Riau. Orang Melayu biasanya melakukan berbagai acara dalam menyambut bulan suci Ramadhan dan salah satunya adalah Mandi Balimau Kasai.
Mandi Balimau Kasai adalah mandi dengan menggunakan limau (Jeruk nipis/ jeruk purut). Kasai merupakan bentuk dari rasa syukur kita kepada Allah SWT. karena diberikan kesempatan untuk bertemu kembali dengan bulan suci Ramadhan dan juga sebagai bentuk menyucikan diri menyambut bulan suci ini.
Biasanya anak-anak kecil akan mendatangi rumah keluarga yang lebih tua dengan membawa limau kasai itu untuk diberikan kepada mereka, lalu mereka akan diberikan uang oleh keluarga tersebut. Mandi Balimau Kasai ini dilakukan sehari sebelum memasuki bulan Ramadhan.
Biasanya ketika perayaan balimau kasai ini, keluarga jauh akan pulang ke kampung untuk bersilaturahmi dengan keluarga masing-masing dan saling maaf-maafan. Ini adalah pelaksanaan rangkaian acara dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.
Adapula pelaksanaan menyambut bulan suci Ramadhan dengan cara ziarah ke makam keluarga yang telah meninggal, mendo’a bersama menyambut Ramadhan dan lain-lain. Tetapi, yang paling dikenal untuk menyambut bulan Ramadhan dari daerah Melayu adalah Mandi Balimau Kasai tersebut.

Penulis: Elsihati Harsad
Editor: Fathiah Salsabila
Pimpinan Umum: Putri Nilam Sari