Raih Prediket Mumtaz, Ibnu Al Hafizh Menjadi Mahasiswa Pertama Asal Indonesia Yang Menyelesaikan Pendidikan Pasca Sarjana Di Fakultas Ulum Islamiyah.

Ibnu Al Hafizh telah menyelesaikan sidang tesis di Universitas Azhar, Fakultas Ulum Islamiyah, Takhosus Ilmu Hadis. Ia mahasiswa Indonesia pertama yang menjadi lulusan dari fakultas tersebut.

Diuji oleh Prof Dr Nasr Ad-Dasuqi (Guru Besar Ilmu Hadis Universitas Azhar) dan Prof Dr Hasan Kamal (Guru Besar Ilmu Hadis Dirasat Islamiyah), ia meraih predikat mumtaz (summa cum laude)

“Tantangan utama dalam belajar adalah diri sendiri, bagaimana bisa untuk menundukkan diri sendiri. Dan perbedaan antara Fakultas Ulum dengan Dirasat Ulya, jangka waktu tamhidi. Fakultas Ulum tamhidinya satu tahun, sedangkan Dirasat dua tahun. Dari segi tenaga pengajar sama-sama dari masyayikh Azhar,” tutur Ibnu Al Hafiz

Proses penulisan di Fakultas Ulum tidak jauh beda dengan Dirasat Islamiyah.

“Kalau berkaitan dengan kita, jadikan prioritas penulisan tesis bisa akan selesai cepat. Sebab, prioritas. Untuk masalah ijroat menulis tesis, sudah masyhur, ya, ijroat di Mesir. Saya ijroat saja hampir setengah bahkan setahun,” tambahnya.

Kini ia menjadi mahasiswa Riau kelima yang telah menyelesaikan magister di Universitas Al-Azhar.

“Insya Allah, niat akan melanjutkan jenjang doktor ada. Untuk sekarang saya akan balik ke Tanah Air terlebih dahulu, dikerjakan apa yang bisa dikerjakan. Dan semangat untuk teman-teman S2 KSMR, apa yang dipilih itu maka Allah ingj kita di tempat itu, dan pasti Allah akan menolong kita,” tutupnya.

Pinum: Diki Muhammad Roofid
Pimred: Putri Nilam Sari

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *