Hari Perpustakaan Sekolah Internasional: Meningkatkan Akses dan Cinta Terhadap Pengetahuan

Ksmrmesir.org (18/10) – Hari Perpustakaan Sekolah Internasional atau International School Library Day adalah sebuah hari perayaan yang diperingati setiap tahun pada tanggal 18 Oktober. Dikutip dari laman dunia perpustakaan.com, peringatan ini pertama kali diadakan pada tahun 1999 dengan tema ‘A Day In The Life’.

Hari Perpustakaan Internasional dirayakan guna menyoroti peran penting perpustakaan di dalam kehidupan masyarakat.
Perpustakaan bukan hanya tempat penyimpanan buku, akan tetapi juga menjadi pusat akses pengetahuan, informasi, pendidikan, dan bahkan literasi bagi semua orang.

Biasanya, sekolah mengadakan kegiatan yang melibatkan seluruh komunitas sekolah, termasuk siswa, guru, dan orang tua. Tradisi ini juga bertujuan untuk memperkenalkan siswa kepada budaya belajar yang lebih luas.

Tujuan utama dari diadakannya perayaan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perpustakaan dalam menyediakan wadah informasi yang kredibel dan mendukung dalam pembelajaran.

Perpustakaan juga berperan dalam menjaga keberagaman budaya dan memperkuat komunitas bersama.

Selain itu, Hari Perpustakaan Internasional juga merupakan waktu yang tepat untuk menghargai kerja keras para pustakawan, yang setiap harinya memastikan bahwa perpustakaan tetap relevan di era perkembangan teknologi digital yang berkembang semakin pesat, dengan terus menyediakan ruang yang nyaman dan inklusif untuk belajar dan berkarya.

Maka dari itu mari kita manfaatkan perpustakaan sebagai sumber daya tak terbatas untuk mengeksplorasi dunia pengetahuan dan mendukung keberlangsungan perpustakaan di seluruh dunia.

Penulis : Ramadhani Nur Habibah
Editor : Khadijah Buma

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *