Nasihat-Nasihat Menghadapi Ujian di Azhar

Senin (12/12)) Kelompok Studi Mahasiswa Riau (KSMR) menutup kegiatan termin 1 lantaran ujian Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir sudah dekat.

Penutupan termin kali ini diisi dengan nasihat dari 2 senior KSMR, yakni Ustaz Islami Harsad, Lc. Dipl. dan Ustaz Ibnu Al-Hafiz, Lc. Dipl.

Acara dibuka dengan sambutan dari Gubernur KSMR, Muhammad Fikri Al-Hakim, yang mengingatkan untuk masing-masing menyiapkan diri untuk ujian termin kali ini. Dan beliau juga menyampaikan tentang kegiatan-kegiatan yang sudah dijalankan kabinet selama 1 termin ini. 

Lalu dilanjutkan dengan penyampaian nasihat dari Ustaz Islami dan Ustaz Hafiz.

Ustaz Islami menyampaikan tentang 3 hal penting saat akan menghadapi ujian:

1. Sebuah ungkapan Arab bermakna, “Siapa yang tahu apa yang dia cari maka akan mudah baginya untuk mengerahkan kemampuannya.”

2. Bergerak untuk selalu mencari ilmu tersebut

3. Selalu berdoa dan mengharap kepada Allah, karena doa adalah senjatanya orang mukmin. 

Beliau juga menekankan bahwa di antara tanda-tanda orang yang najah ialah yang kembali kepada Allah sedari ia memulai segalanya.

Kemudian selanjutnya Ustaz Ibnu Al-Hafiz menyampaikan nasihat beliau, bahwa dalam proses menuntut ilmu tidak ada yang mudah. Karena tidak ada kesenangan yang diraih kecuali setelah merasakan kepayahan. 

Selain itu, Dewan Penasehat, Ustaz Ismail Saleh, Lc, Dipl., berpesan untuk saling menyemangati teman-temannya. Ajak dan rangkul untuk mereka belajar. Dan kedua ia menganjurkan untuk baca Qur’an serta selawat kepada Nabi Muhammad Saw, agar dipermudah memahami dan menghafal pelajaran. 

Kegiatan termin satu tahun 2021 resmi ditutup oleh Rizki Akbar sebagai Ketua Dewan Konsultatif (DK) KSMR dengan mengingatkan agar selalu menjaga kesehatan di musim dingin ini.

Reporter: Fathiah Salsabila

Pimpinan Redaksi: Putri Nilam Sari

Pimpinan Utama: Diki Muhammad Roofid

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *